jump to navigation

Tampilan Layar di windows xp terbalik Oktober 15, 2008

Posted by hiddenato in curhat IT.
Tags: , , ,
trackback

Pada suatu hari, tiba-tiba tampilan layar monitor  dari komputer saya terbalik 180 derajat….. kejadian itu bener-bener bikin saya bingung. karena sehari sebelumnya komputer itu masih normal dan belum di apa-apain… Sebagai seorang yang sedikit mengetahui cara kerja monitor dan televisi saya langsung berkesimpulan kalau monitor itu rusak, dan saya yakin betul kalau masalahnya terletak pada bagian defleksi yoke yang ada pada belakang tabung, Mungkin kabel dari bagian vertikal yang terhubung ke defleksi yoke itu terbalik ato malah bisa saja bagian defleksi yoke nya itu longgar sehingga gambar terputar 180 derajat. pokoknya masalahnya ga jauh dari bagian vertikal, itu menurut pikiran saya saat itu.

Untuk menguatkan dugaan itu lalu saya ambil monitor lain yang masih normal untuk saya coba pasang di komputer yang bermasalah itu.

Ternyata setelah saya coba ganti monitor ternyata tidak menyelesaikan masalah karena gambar di layar tetap saja terbalik walaupun sudah saya ganti monitor.

Kemudian setelah saya perhatikan lebih jauh komputer itu, disaat booting pada tampilan windows XP tampak normal tapi setelah masuk ke windows tampilan desktop pun jadi terbalik lagi seperti semula..

Disinilah masalahnya… Ternyata kesalahan bukan pada monitor, tetapi pada CPU.

Lalu saya pun terpikir menjadikan virus sebagai tersangka… apakah ini ulah virus??? setelah saya scan komputer tsb dengan berbagai program anti virus, hasilnya nihil…. alias tidak satupun virus yang berhasil ditemukan.

Lalu tanpa ragu sangkaan saya pun langsung saya arahkan ke VGA card, mungkin saja driver nya error atau memang ada settingan yang berubah. Lalu saya pun teringat dengan VGA Card GeForce yang didalamnya memang terdapat fitur untuk memutar gambar dengan mengklik NVrotate.

Tapi masalahnya komputer yang bermasalah tsb saat ini tidak memakai VGA Card GeForce tapi hanya memakai VGA Onboard dari mainboard. otomatis setelah saya cari-cari NVrotate tersebut pun tidak berhasil saya temukan. lalu saya pun coba instal driver VGA onboard dan lakukan setting tapi tidak ada hasilnya sama sekali.

Setelah berputus asa karena belum menemukan jalan keluar akhirnya saya pun memutuskan untuk tidur.

Dipagi hari yang cerah tiba-tiba saya dapat ide….

Saya teringat seorang teman yang pernah mengalami kejadian serupa yaitu tampilan monitor yang terbalik. dan saat itu pun saya langsung ingat apa yang dia lakukan untuk menormalkan tampilan di layar monitor yang terbalk tersebut…

Gila!!!!!

Dengan menekan tombol ctrl + alt+panah atas

Jreeeng!!!!!!!!!!!! tampilan dimonitor kembali normal…………

“Maha besar allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa”

“Allah bisa membuat sesuatu yang mudah menjadi susah dan sesuatu yang susah menjadi mudah”

Komentar»

1. farel - November 3, 2008

menekan tombol ctrl+panah atasny di bagian pa? tlg d perjelas y, krn aq lg da trouble yg hmpir mirip nich… :)
balas secepatny y…Thank’s!

2. irvine - November 15, 2008

Coba d tekan Ctrl + alt + Anah panas atas

Di desktop tentunya

semoga membantu

3. budiarto - November 17, 2008

kok gw ga bisa y??? belon berhasil… ada cara lain kah???

4. abdi - Desember 11, 2008

klik kanan pada layar desktop, diplay properties , pilih advance pada VGA (video Graphic Accelator) dan pilih rotate
semoga membantu

5. iir - Desember 25, 2008

help dong..
kalo saya problemnya di pemutar video. kalo lagi nonton film, gambarnya jadi terbalik.baik itu pake WMP,winamp,atau power DVD.anehnya cuma file2 film jenis avi aja, tapi yang dat baik2 aja.
help ya..

6. Wishnu - April 5, 2009

thanx for infonya… langsung dipraktekin teken control+alt+panah atas n hasilnya jreng-jreng…. kembali normal…hehehe..thanx

7. hiddenato - April 6, 2009

Tak se susah seperti yang dibayangkan……….

8. Opik - Mei 20, 2009

Klo brputarny 90 drjat crny sma? Tlg blz btuh bgt nh!

9. hiddenato - Mei 20, 2009

Silahkan dicoba aja dulu, kalau masih belum bisa coba klik kanan di desktop trus propertis nah disana tinggal cari setinggan vga nya.

10. ratnou - Mei 31, 2009

thx banget sangat membatu…………

gw udah paktekin & Manjur kok…………

11. bambang - September 1, 2009

“4. abdi – Desember 11, 2008

klik kanan pada layar desktop, diplay properties , pilih advance pada VGA (video Graphic Accelator) dan pilih rotate
semoga membantu ”

terima kasih Mas Abdi, masalahku terpecahkan

12. vito - Oktober 2, 2009

sesatttt…..
khe khe khe……
alt+ctrl+panah atas yang benarrrr
khe khe khe

13. Giri - Oktober 31, 2009

Makasi yaa…setelah di tekan Ctrl + Alt + panah Atas desktop saya kembali normal! hehhehee…sekali lagi makasih ^^

14. Muis - Desember 4, 2009

Cara praktisnya Ctrl+Alt+Pana atas atau bawah ..tpi kok gak bisa2, gimana ya?

15. legay - Desember 23, 2009

gag bisa juga..!!!
kalo ngebalik ke bawah tw ke samping gmna?

16. Angga - Juni 27, 2010

It works!!!!! Thanks berat Friend

17. satrya - Agustus 18, 2010

emm saya udah bisa dengan cara tadi

thankss ea sarannya

18. darwin - Agustus 29, 2010

makasi atas sarannya , ini sangat membantu sekali , hehehe..

19. isal blank - September 27, 2010

:( punya ku g’ bisa,,,,
gimana ea??

20. Fadli - Oktober 10, 2010

jiahh… telat aq.. knpa ketemunya baru sekarang?
tanpa ba bi bu, langsung ku instal ulang PC yang memakan waktu tidurku.
ternyata hanya dengan

“CTRL + ALT + Panah Atas”

21. herman - Oktober 27, 2010

Makasih boss…rencananya mau saya install ulang ……gak jadi..karena dg tekan CTRL+ALT+Panah atas….jadi ok lagi ….

22. karis - November 2, 2010

bos knapa tampilan tulisan dimonitor saya besar besar gmana cara mengecilkan ya bos mohon di bantu

23. dur - November 19, 2010

tanya boz.. tombol start (turn of) mestinya horisontal lurus berada dibawah, lha sekarang malah posisinya vertikal gmn cara ngatasinya, trims.

24. Yafet Funky Jazzy - Desember 24, 2010

broo,,thx atas bantuan…

caranya :ctrl+alt+(tanda panah atas d keyboard)…

25. cahriyadh - Januari 15, 2011

ide yg bagus bosss. ctrt + alt + panah. atas atau bawah bisa di fungsikan. trims. terbukti manjurrrrr

26. titi - Januari 24, 2011

bagus …masalah nya saya juga mengalami kebingungan karena hari in tampilan layar computerku jadi besar2 dan gambarnya ga jelas,boleh minta sarannya ga , jujur saya ga ngerti sama sekali tentang program atau mesin computer..terimakasih atas bantuannya..
“titi,yang faqir ilmu”

27. Aan - April 16, 2011

Nah itu kan Cara nge’ benerinnya kalow mau membuat miringnya gimana tp yang di Xp lhow. kalow win 7 kan gampang????

28. jabal - Mei 2, 2011

betulanjaki itu

29. jabal - Mei 2, 2011

kenapa masih ngga bisa bohongiii

30. dianadrinush - Mei 21, 2011

wah membantu banget ! barusan laptop qu kaya geto, biz da yg iseng!

31. wicak - Juli 12, 2011

bsa …

tapi koq pas aq buka tab baru koq balik k semula lagi ya…

gmana caranya biar paten truzz

tolong cepet dibales ya…
butuh banged ni

thnks

32. ari - Juli 18, 2011

Alhamdulillah, sy hr ni punya trouble yg sama krn laptop diutek2 sm my baby jd tampilannya terbalik. tapi stelah tekan ctrl-alt-panah atas. memang lgsung normal kembali.terimakasih…

33. Rizqi Versiontsecondt Traineerapper - Agustus 2, 2011

Nice gan … :D

34. taufik - Oktober 12, 2011

caranya bisa om,ok banget!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
manjur nie yg ga bisa kebangetan

35. agung - Oktober 21, 2011

entu ga bs ditest di tampilan nyang normal ye boss,maksudnye yg bener jd kebalik gitu,,,
teng yu,bos

36. Habibi - Oktober 31, 2011

Syukron ha yo……

37. aan - November 1, 2011

mantap gan, udah di praktekin,
langsung … wooookey…
tadi sempat bingung, udah bolak-balis setingan, gak ketemu juga solusinya……..

38. aan - November 1, 2011

trima kasih

39. biyana - November 19, 2011

Saya juga mengalami hal yang sama, setelah saya coba ternyata benar…Terimakasih tipsnya. Salam

40. Opik - November 23, 2011

Tenkyu so much ya infox sangat membantu bgt.

41. arnaf - Desember 1, 2011

CTRL+ALT+Panah atas dan masalah saya pagi ini pun terpecahkan hehe udah coba tanya sana sini trus iseng2 gugling eh langsung nemu blog ini.
terima kasih banyak mas, semoga segala urusanmu dimudahkan.

42. kris - Desember 17, 2011

alhamdulillah…thx solusinya. Sangat membantu banget

43. awing - Januari 2, 2012

maksih gan buat info’a sekarang saya dah paham..hehehe

44. didi - Januari 8, 2012

trimakasih y infonya! sangat bermanfaat

45. faryo-neo - Januari 25, 2012

thank ea boss.
bermanfaat bangetttt

46. helmi - Januari 27, 2012

anjriiit info nya brguna bgt, thanks yaa sobb

47. bunda cia - Februari 1, 2012

alhamdulilah.. t’nyata te-ope be-ge-te lah.. pdhal aku wes was2 lah scr lapt br seminggu beli.. so thanks bgt ya mas

48. Andre - Februari 13, 2012

Thx ya….. aq juga alami hal yg sama.. moga besok sy bs coba di komputer kantor… mungkin ada kwn yg iseng rubah setingan,….

49. yasin - Februari 19, 2012

alhamdulillah….aku sekarang bisa,bisabisa…………………..asek, satu hari di buat pusing terima kasih kawannnnnnnnnn, terima kasih mas..

50. Indra - Februari 20, 2012

yeeyyyy akhir nya bsa juga tadi nya tampilan miring gara2 dipijit2 key sama anakku hehehehe skr normal lagi thanks gan info nya

51. Rizky - Februari 20, 2012

it works man!!!

gila awalnya gue sampe dimarahin bokap gue gara2 PC di rumah gue layarnya miring..
gue kira solusinya ga segampang ini haha
thanks bro akhirnya PC gue normal lagi

52. Ariyanto - Februari 28, 2012

Mantaplah heee

53. ary rubi - Maret 8, 2012

mantaps tipsnya…barusan temen se ruangan di kantor sempet heboooh karena kejadian tampilan terbalik…Alhamdulillah ada blog ini….makasih om

54. jagat tatang rukmana - Maret 12, 2012

kalo di laptop bisa terjadi gak hal kaya gitu????

55. Faldi - Maret 14, 2012

huaa..

makasih kakak…
guwe kira virus..ternyata..

kok bisa layar terbalik itu gmn terjadinya??><

56. rince - April 2, 2012

makasih banyak ya…. bs nih di laptop….

57. andi - April 23, 2012

thank infonya, dengan infonya kerja ku jd mudah. sedangkan lo harus susah2 dulu untuk mengetahuinya ….

58. Jason - April 29, 2012

Kalau Saya Mah Bukan Terbalik Tapi Miring 90 Derajat Truz Sebelom Saya Tau Cara Ini Malah Kepala W Yg Ikutan Miring haha

59. Anggun Coy - Mei 10, 2012

makasih,,,sangat membantu infonya

60. puspayskpop - Juni 1, 2012

mau tanya kak :)
kalau tiba-tiba tampilan facebook dilayar monitor jadi kecil sampe ga bisa dibaca tulisannya , itu kenapa ya kak ?
tolong dijawab

61. risza - Juni 3, 2012

Thanks infonya bermanfaat.

62. jamesh47 - Juni 15, 2012

di browser mozilla …ketik view >> zoom >> reset

63. yono - Juni 27, 2012

trim’s Bro bantuannya mataku sampai hampir juling. hehehehehe

64. ayas66 - Juli 2, 2012

thanks y bro infonya….sangat membantu bro….makasih banyak…. :D

65. dimas - Juli 4, 2012

Thx infonya bro, ane abru aja ngebenrin laptopnya tmen kantor yang kasusnya kek gini…..

66. Shiva Fauziah - Juli 8, 2012

kalo kasusnya tampilan monitor pecah jadi 2 gmn ya solusinya?

67. insanfadhl - Juli 23, 2012

terimakasih yah :D

Allah Maha Besar gan :D

68. Mulyono - Agustus 1, 2012

Makasih bos…blog2 positif seperti ini yg sll bermanfaat smp kapanpun.

69. adit - Agustus 6, 2012

terima kasih banyak gan…..asliiii gw panikkkk banget gara2 tampilannya terbalik….

70. Najieb - Agustus 7, 2012

Subhanallah kasus yang sama baru saya alami, lumayan cukup marah juga ma anak saya karena ulah dia komputer layarnya terbalik… alhamd berkat bantuan admin blog ini, sekarang kembali normal… hatur nuhun…

71. tika zhaina - Agustus 8, 2012

BISA…..
HAHAHAHAH :D
OK OK OK OK,
MAKASIIIIII :)

72. rizal - Agustus 11, 2012

problem yg sama tapi tombol panah ke atas tidak berfungsi. adakah solusi lainnya mengingan kondisi toucpad lagi ga bisa di pakai dan external mice juga ga bisa. mohon bantuannya. thx so much

73. Nia - Agustus 18, 2012

Adu…ctrl alt panah atas nya ga berfungsi nih…gimana donkkk…masa kebalik terus….

Hikhikhik…

Help pleasee…

74. gmj_lampung@yahoo.co.id - Agustus 30, 2012

terima kasih gannn akhirrrnyaa.wkwkwkwk

75. sulfan_ray@yahoo.co.id - September 21, 2012

wahh…ngantuknya jd ilang dah….karna monitornya dah normal lg

76. lenna - Oktober 23, 2012

iya,thank you banget nih, berguna banget informasinya, jdnya bs kerja kembali deh stlh layar kembali posisi normal..

77. wulan - Desember 7, 2012

Makasi sharednya bro..barusan kejadian di komputer tempat saya bekerja..udh bikin panik,mikir bakal gantiin segala..ternyataaa….alhamdulillah berhasil…°\(^▿^)/°

78. eferf - Desember 8, 2012

thanks infonya bro, sangat membantu!

79. nofita - Desember 13, 2012

MAKASIHHHHHHHHHHH

80. Mayah - Desember 16, 2012

Wah makasih bnyak ya atas info’y, layar lapt0p ku jadi kembali sprti semula dech, pdhal sumpeh gw khawatir bngetttt.

81. Anggie Putra (@An9_9ie) - Desember 19, 2012

tenkyu

82. zigo - Desember 22, 2012

udah saya Ciba min tekan ctrl+alt+panah Atsa memang bisa pi layarnya jdi kecil cara membesarkanya gimana tu min?

83. yana_kriatiana - Januari 10, 2013

istimewa…
Tadi waktu saya maen game di komputer kantor,tiba2 aja layar nya tebalik,,waduhhh…saya langsung panik,kaya orang yang kebakaran jenggot..tapi setalah dapat info ini,komputer nya udah kembali normal lagi,,makasih brother…

84. acepcimilikiti - Januari 18, 2013

makasi banyak brooo

85. SUSI - Februari 15, 2013

TERIMA KASIH YA……… TIPS – NYA SANGAT MEMBANTU SEKALI

86. Ermol - Maret 4, 2013

Trims tipsnya

87. bedung - April 6, 2013

thank,s mas tas infoxa……..

88. Arifin Permana - Juni 12, 2013

Thanks banget ……… atas infonya kepanikanku hilang, sekali lagi terimakasih

89. michael - Juli 6, 2013

thanks ya..
infonya simpel tapi bermanfaat bgt.
masalah kompi ane terselesaikan jg.
goodluck.

90. maksid - Juli 23, 2013

makasih… makasih… it work… ctrl alt panah (bisa atas, bawah, kanan atau kiri) hehehe….

91. van persi - Agustus 1, 2013

gambar’ny mna?????????

92. ArEzuwaer MaRt - September 4, 2013

Terima Kasih

93. Kiem Hwa - November 13, 2013

Terimakasih….untuk pencerahannya > tadi saya kebingungan tanya sana sini pada ga tau malah diketawain krn blm pernah dengar masalah spt ini> Layar kebalik > saya coba tekan segala macam ga bisa. shutdown berkali kali ga bisa terakhir dah hampir putus asa kalau sekali lagi ga bisa udah ah. Tiba2 ada ide tuk search di mbah google dengan membaca laptop dibalik begitu klik saya pilih di link anda , saya coba udah deh beres. Sekali lagi thanks ya, jadi tambah deh pengalaman yang berharga ini. God Bless

94. kemilauilmu - November 26, 2013

makasih, solusinya, saya hampir dibuat bingung

95. kang buitenzorgy - Januari 2, 2014

terimakasih, saya juga kena kejadian yg sama, semoga anda mendapatkan pahala, karena banyak pekerjaan kami yg terselamatkan

96. abunafisnawwaf - Februari 12, 2014

Untuk merubah Orientasi Layar Monitor ini, dapat menggunakan cara di bawah ini :

CTR + ALT + PANAH ATAS –> untuk kembali keposisi default (Normal).

CTR + ALT + PANAH BAWAH –> untuk kembali keposisi layar terbalik (Rotate 180).

CTR + ALT + PANAH KANAN –> untuk tampilan berputar kekanan 90 derajat.

CTR + ALT + PANAH KIRI –> untuk tampilan berputar kekiri 90 derajat.

Semoga bermanfaat…

97. dancok6969 - Maret 18, 2014

kaalau masalah nya dilaayar tampilan pada monitor hanya separuh ( ditengah cara menormalkan gimana )

tolong donk blz cepatt

98. ophi - Maret 21, 2014

Cara sesimpel ini bisa membantu banyak orang termasuk saya..
^^

99. alat penghemat lisrik - April 12, 2014

Hello there, I found your web site by means of Google whilst looking for a
similar matter, your web site got here up, it looks great.
I’ve bookmarked it in my google bookmarks.
Hello there, simply turned into aware of your weblog
via Google, and found that it’s really informative.
I am going to be careful for brussels. I’ll
be grateful in the event you continue this in future.
Numerous other folks shall be benefited out of your writing.
Cheers!

100. gio - Mei 10, 2014

mohon bantuannya gan,, saya dh coba pake cara tsb di atas tapi ga bisa rubah, ada caralagi ga ya,, makasih.

101. jnluk - Juni 7, 2014

Thank youuu buat tipsnya dan it works!!! God blessing You!!! amen

102. romo - November 17, 2014

makasih gan, barusan komputer ane i utek2 ma anakq jadi bingung deh. akhirnya bisa jg dibalikin


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

